11 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Patut Dicoba

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi muncul berbagai jenis Medsos (media sosial), salah satunya adalah TikTok produksi ByteDance. Sekarang media sosial ini kepopulerannya semakin pesat di seluruh penjuru dunia, salah satunya Indonesia. Ada banyak pengguna berlomba membuat video berkualitas untuk menarik dan menambah follower TikTok. Ada banyak yang menggunakannya dan bertanya perihal cara mendapatkan uang dari TikTok.

Namun, berbeda dengan media sosial Youtube yang memiliki sistem AdSense supaya pencari content creator memperoleh penghasilan dari video yang dibuat. TikTok hingga sekarang belum memiliki sistem monetisasi. Kedepannya TikTok diprediksi bakal mempunyai sistem monetisasinya sendiri.

Sekalipun mampu memberikan uang, ternyata masih ada orang yang menganggap jika TikTok sekadar aplikasi alay. Sekalipun alay, toh sudah banyak pengguna YouTube, Facebook, dan Instagram yang beralih ke TikTok untuk membagikan aktivitas sehari-hari, kreativitas, bahkan mencari uang.



Ada Banyak Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Bisa Anda Coba

Nah, penjelasan di atas akan menimbulkan pertanyaan, yaitu bagaimana cara mendapatkan uang dari bermain TikTok. Bila Anda bertanya begitu, maka jawabannya akan saya sampaikan kali ini. Sudah ada cara untuk memonetisasi agar mendapatkan uang tambahan dari TikTok.

 

1. Mencari sponsor

Berjalannya waktu, saat Anda sudah memiliki followers (pengikut) dan video TikTok banyak penyuka, maka gunakan cara ini. Beberapa brand akan melirik pengguna TikTok yang memiliki pengikut dalam jumlah banyak agar bisa mengiklankan produk mereka. Tentu bayaran yang disediakan oleh brand cukup menggiurkan.

Bisa disebut jika sponsor merupakan sumber pendapatan utama dari influencer di media sosial, termasuk TikTok. Kerjasama sponsor bisa berupa audio atau produknya tampil bersamaan dengan konten video yang Anda unduh.

Cara lain dengan memanfaatkan sponsor adalah menggunakan platform iklan TikTok. Sama seperti Instagram dan Facebook, Anda bisa mencari tentang iklan TikTok dan mendaftarkan diri agar bisa mengakses platform tersebut. Menggunakan cara ini mengharuskan Anda membuat berbagai iklan, menetapkan anggaran untuk eksperimen. Coba lihat apa yang terjadi, barangkali Anda bisa menjual lebih banyak produk karena sudah mengiklankan ke aplikasi TikTok.

 

2. Mengelola kampanye bagi influencer

Cara ini bukanlah ide baru karena telah digunakan oleh banyak agensi yang dibentuk dengan tujuan memenuhi kebutuhan influencer di semua media sosial. Konsep yang serupa berlaku pada TikTok. Bagi pengguna, cara ini menempatkan Anda sebagai perantara antara pencipta konten dan merek dagang yang ingin bekerja sama.

Mekanismenya cukup sederhana, hanya menghubungkan kedua belak pihak, menempati posisi koordinator, dan lain sebagainya dengan membebankan biaya pada jasa ini.

 

3. Menjual merchandise

Jual beli merchandise bisa jadi cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya yang bisa Anda gunakan. Semisal Anda memiliki pengikuti dalam jumlah banyak, dapat mencoba menjual merchandise, seperti pakaian, gelang, kalung, dan sebagainya.

Pasalnya di TikTok memiliki fitur untuk menautkan link ke video dan biografi profil. Memanfaatkan fitur tautan ini Anda bisa mendapat link akun e-commerce yang bisa digunakan untuk berjualan.

4. Membuat, mengenalkan, dan menjual (promo)

Cara keempat menghasilkan uang dari TikTok menyerupai Instagram. Cara ini memungkinkan Anda membuat konten yang menghibur, kreatif, dan unik. Idealnya konten yang viral dapat menarik orang dan berpotensi menjadi pengikuti.

Nah, kalau sudah memiliki banyak pengikuti, Anda dapat menjangkau merek yang relevan dengan karakter dan menjual profil TikTok ke merek atau orang tersebut. Jangan kaget dengan cara ini. Harga untuk profil dengan pengikut banyak bisa mencapai ratusan juta rupiah.

 

5. Hubungkan dengan media sosial lainnya

Seperti yang kita ketahui bersama kalau video di TikTok dapat tersimpan dan bagikan ke aplikasi media sosial lain, seperti Youtube, Facebook, dan Instagram. Saat membuat video yang berkualitas dan kreatif di TikTok Anda dapat membagikannya ke media sosial lainnya.

Cara ini mampu menambah engagement, bahkan AdSense jika meng-upload ke YouTube. Walaupun di Tiktok sendiri ada iklan, namun tidak dapat berlangsung di tengah video kreator karena video TikTok relatif singkat, sekitar 1 menit saja.

lihat juga : Apa itu Tiktok for Business

 

6. Konsisten itu kunci

Kalau Anda ingin mendapatkan imbalan secepat mungkin, cara mendapatkan uang dari TikTok yang wajib digunakan adalah konsisten membuat video. Kreator akan lebih maju dan mendapatkan pengikut apabila mereka rutin mengunduh video terbaru mereka. Jadi, sempatkan diri Anda untuk membuat konsep video sekreatif mungkin yang kiranya menimbulkan pengunjung bahkan pengikut.

 

7. Menggunakan hashtag yang populer di media sosial

TikTok sama halnya Twitter dan Instagram yang menggunakan hastag sebagai fitur pencarian. Menggunakan hashtag akan memudahkan pengguna aplikasi menemukan konten yang sedang viral atau sekadar mencari challenge populer. Fitur hastag akan memudahkan Anda mengenalkan secara luas video TikTok.

Dengan demikian, bakal banyak orang yang menjangkau konten dan akun Anda. O, ya, pastikan terlebih dahulu kalau menggunakan hastage harus yang populer atau paling sering digunakan orang/pengguna lainnya.


8. Mendapatkan uang dengan menyumbang

Sekilas cara ini menyerupai situs Twitch, Anda dapat mendapat uang dengan live streaming. Nah, Anda bisa melakukannya melalui TikTok, meski jumlah follower masih sedikit. Prosesnya cukup sederhana, penonton akan memberikan kreator gift item berbentuk animasi yang dibeli menggunakan koin TikTok.

Dari koin yang Anda dapatkan ini bisa digunakan untuk membeli sesuatu. Bagi kreator yang sudah mendapatkan gift item dari penonton dapat mengonversikannya ke uang asli dengan proses payout. Minimal uang yang dapat dicairkan dari TikTok dalam sehari senilai 100 USD dan maksimal 1.000 USD.

 

9. Update video viral ke akun TikTok

Biasanya video yang viral berbentuk challenge. Anda bisa mencoba mengkreasikan video viral tersebut dengan kreativitas masing-masing untuk mengenalkan ciri khas maupun identitas dari akun Anda.

 

10. Membuat konsultan khusus TikTok

Semisal Anda sudah profesional sebagai kreator di TikTok, bisa mencari peluang lain dengan menjadi konsultan. Di luar sana masih banyak kreator yang sedang berusaha mendapatkan banyak penonton dan pengikut. Anda bisa melembarkan sayap menjadi konsultan jasa TikTok.

Cara ini cukup bagus untuk meningkatkan kemampuan Anda dan membantu orang yang ingin menjadi kreator TikTok terkenal. Berdasarkan pengalaman, tentu Anda sudah memiliki strategi supaya video mereka bisa dilihat oleh banyak pengguna.

Syarat menjadi seorang konsultan cukup sederhana, cukup memiliki pengalaman dan latar belakang sebagai kreator TikTok yang mumpuni. Bila sudah memiliki syarat tersebut, Anda tinggal mematok harga jasa konsultan.

lihat juga : Cara dapat followers Instagram tanpa aplikasi

 

11. Tepat memilih lagu pengiring

Bukan rahasia lagi jika TikTok selalu menampilkan video dengan goyangan dan lagu-lagu yang belum kita dengar sebelumnya. Perlahan lagu-lagu tersebut semakin populer bahkan kerap didendangkan di acara televisi. Untuk meningkatkan pengunjung, ada baiknya Anda menyesuaikan jenis lagu pengiring dangan konten agar menjadi perpaduan yang enak dinikmati.

 

Itulah 11 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba. Berbekal dari cara di atas, kami harap isi kantong Anda semakin tebal dan bisa mentraktir orang terkasih.