menarik konsumen lewat warna

Trik Menarik Konsumen Lewat Warna

Warna adalah salah satu elemen penting dan juga paling dominan dalam desain maupun kehidupan. Warna juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap sikap dan emosi manusia.

Mengapa demikian? Ketika kita melihat warna mata akan berinteraksi dengan bagian otak bernama hipotalamus yang kemudian mengirimkan sinyal pada kelenjar pituitari di sistem endokrin untuk diteruskan ke kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid inilah yang akan menghasilkan berbagai hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, bahkan perilaku manusia.

Salah satunya adalah keputusan pembelian barang. Pakar pemasaran bernama Neil Patel menyatakan bahwa 85% alasan orang membeli sebuah produk adalah karena warna. Warna biru dapat menimbulkan rasa percaya, kecerdasan, kepemimpinan, kesetiaan, ketenangan bahkan keamanan.

Inilah mengapa warna biru sering digunakan oleh perusahaan yang bermain dengan data seperti bank, asuransi atau bahkan facebook. Tapi warna biru kurang cocok untuk digunakan pada desain produk makanan. Meski menimbulkan kesan dapat dipercaya, biru juga dapat menimbulkan kesan dingin yang menurunkan selera makan.

Warna biru juga terkesan jauh dari alam, karena tidak banyak bahan makanan alami yang berwarna biru. Biru bahkan sering diasosiasikan dengan racun dalam makanan. Khusus untuk produk makanan, hindari menggunakan warna biru dan gunakan warna merah atau kuning.

Kamu harus berhati-hati dalam menggunakan warna kuning. Penggunaan dalam porsi kecil bisa menarik perhatian orang sehingga banyak digunakan sebagai tanda peringatan di berbagai tempat. Tapi dalam jumlah besar warna kuning bisa membuat orang mudah marah atau gelisah. Jadi kalau kamu ingin membuat sesuatu yang akan diperhatikan oleh banyak orang gunakanlah warna kuning secara seimbang.

Hijau memberikan kesan dekat dengan alam, kreatif dan bisa menyoroti elemen penting dalam situs atau produkmu. Ini disebut sebagai efek von restorf dan berguna kalau kamu ingin menyediakan tombol call to action.

Orange memunculkan kesan menyenangkan, impulsif dan kompetitif dalam produkmu. Warna orange adalah warna yang hangat dan kuat sehingga memancing kita untuk bergerak lebih cepat dan aktif. Orange juga banyak digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan olahraga dan produk anak-anak.

Kesan apa yang kamu dapatkan saat melihat kombinasi warna hitam pekat dalam suatu desain? Warna hitam memang memberikan kesan elegan, canggih dan kuat. Bila seseorang ingin menjual barang mahal kepadamu inilah warna yang akan mereka gunakan.

Sebagian orang berpendapat bahwa hitam dan putih bukan sebuah warna. Meski begitu, putih juga penting dalam desain. Putih seringkali hanya digunakan sebagai latar belakang padahal dengan pemanfaatan ruang yang baik, putih dapat memberikan kesan rapi luas dan bebas.

Menentukan warna yang cocok dengan peran perusahaan produk atau jasa serta target pelanggan memang bukan hal yang mudah. Gunakan psikologi warna sebagai panduan, kemudian melakukan tes kepada target konsumen untuk menemukan desain dan komposisi warna terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *