Traffic Blog Dari Sosmed Aman Untuk Adsense

Sesuai judul artikel apakah aman bagi sebuah blog yang dipasang Google Adsense apabila sumber pengunjungnya kebanyakan bukan dari search engine namun justru dari Sosial Media dalam hal ini Instagram dan Facebook ?

Menurut saya sih aman-aman saja asalkan konten dari blog kita tidak melanggar aturan dan kebijakan Google. Ya saya dapat memberikan jawaban tersebut karena berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengelola blog yang rata-rata pengunjungnya kebanyakan berasal dari sosial media.




Sudah hampir 3 tahun berjalan blog yang saya pasang Adsense kebanyakan situs perujuknya berasal dari sosial media dan terbukti aman-aman saja hingga artikel ini dimuat di tahun 2020.

situs perujuk blogger dari sosial media
situs perujuk blogger dari sosial media

Seperti gambar diatas, Instagram menjadi sumber pengunjung terbanyak. Sedangkan yang berasal dari search engine Google.com berada di urutan ketiga. Tidak ketinggalan juga Facebook dan Twitter menjadi sumber traffic blog.

Cara Mendapatkan Pengunjung Blog dari Instagram

Ada banyak cara untuk mendapatkan visitor blog, salah satunya mempromosikan blog di Instagram. Untuk mendapatkan traffic dari Instagram caranya cukup mudah, anda tinggal membuat sebuah Instagram Story dengan menyertakan live link di story tersebut namun jangan lupa untuk membuat perintah swipe up agar followers dapat dengan mudah mengunjungi blog anda.

Buat desain IG Story anda dengan semenarik mungkin, yang membuat followers penasaran. Oiya, fitur Swipe Up Instagram hanya bisa digunakan apabila akun anda memiliki minimal followers 10.000 atau lebih. Kebetulan akun IG yang saya kelola ini memiliki followers sekitar 40.000. Tapi menurut pengalaman saya selama ini hanya sekitar 3.000-4.000 saja yang melihat IG Story itupun belum tentu untuk melakukan swipe up.

Berdasarkan statistik yang saya lihat di Insight, rata-rata yang melakukan swipe up menuju link blog hanya sekitar 25% dari yang melihat story kita. Itu dari  postingan saja, bayangkan jika ada 10 postingan yang ada pasang tentunya lumayan bukan.

Namun bagaimana orang mengetahui ada sesuatu yang menarik di Story kita? Adalah dengan membuat postingan di Feed yang menarik baik itu gambar maupun captionnya. Isi dari konten usahakan sedikit ‘memaksa’ followers untuk melihat story kita.



Selain memanfaatkan fitur swipe up untuk mendapatkan pengunjung dari Instagram anda juga dapat menaruh link blog di halaman profil IG. Andaikan saja Instagram tidak menonaktifkan live link di caption dan postingan maka akan semakin banyak pengunjung yang mengklik link blog kita.

Sementara untuk mendapatkan traffic dari sosial media Facebook dan Twitter mungkin kita semua sudah tahu. Tinggal posting saja link artikel kita di status Facebook dan Twitter. Itu adalah cara gratis, sementara untuk yang berbayar bisa menggunakan FB Ads. FB Ads bisa dikatakan terbilang mahal bagi blogger, kecuali apabila kita menargetkan traffic dari luar negeri hasil yang didapatkan akan seimbang dibanding blog Indonesia.

lihat juga : Menghasilkan uang di Facebook dengan FB Creator

Spam Grup Facebook

Sebar link blog ke berbagai Grup Facebook, juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung blog kita. Namun, jangan terus-terusan ya harus diberi jeda posting ke setiap grup karena nantinya postingan kita dapat di anggap spam oleh Facebook. Saya pernah mengalami hal itu, karena posting link website ke banyak grup dalam 1 hari saya mendapat teguran dari pihak FB. Hasilnya akun tidak bisa posting link aktif dimanapun karena terindikasi melakukan Spam postingan.

Saya sendiri membuat halaman khusus di Facebook untuk blog, jadi dapat sepuasnya memposting artikel blog. Tinggal seberapa kreatif kita saja bagaimana mendapatkan orang untuk menyukai dan mengikuti halaman yang kita buat. Saya sendiri masih merasa kesulitan agar postingan blog banyak yang membagikan di Facebook.

Mungkin itulah ulasan mengenai traffic dari sosial media untuk blog Adsense. Cara ini dapat menjadi pilihan bagi anda untuk mendatangkan pengunjung blog secara cepat apabila blog masih kalah bersaing di mesin pencari Google. Tidak ada salahnya apabila anda berusaha untuk meningkatkan kualitas blog anda agar berada di halaman pertama Google. Semoga artikel ini bermanfaat.

2 thoughts on “Traffic Blog Dari Sosmed Aman Untuk Adsense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *