Tema Sub Tema Natal Nasional PGI KWI Tahun 2021

Tema Natal di Indonesia (Natal Nasional) dibuat dan diputuskan oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) setiap tahunnya. PGI hingga tahun 2009 telah menghimpun 88 gereja anggota.  Keanggotaan PGI mewakili 80 persen umat Kristen di Indonesia. Berikut beberapa Nama Gereja (Sinode) anggota PGI yang pada umumnya diketahui banyak orang  : Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Gereja Kalimantan Evangelis (GKE), Gereja Toraja (GETOR), Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB), Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB), Gereja Protestan di Indonesia (GPI), Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Gereja Mission Batak (GMB), Gereja Bethel Indonesia (GBI), Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII), Gereja Sidang-sidang Jemaat Allah (GSJA), Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PGI menetapkan tema natal untuk natal 2021 ini. Biasanya tema natal ini akan diputuskan dan dipublikasikan selambat-lambatnya 2 bulan sebelum hari natal. Seperti tahun 2020 lalu, tema natal dirilis pada bulan Oktober 2020. 

 

Tema Natal Nasional PGI & KWI 2021

Hingga artikel ini dibuat, tema dan sub tema natal 2021 belum ditentukan dan dirilis oleh PGI.

Sebagai flashback tahun 2020 Adapun isi dari tema yang ditetapkan adalah “.. Mereka akan Menamakan-Nya Imanuel” yang terambil dari ayat alkitab Matius 1:23.

Gambar dari tema natal tahun ini sedikit unik. Karena dunia tengah diperhadapkan dengan pandemi Covid-19, gambar dari tema natal memuat gambar orang-orang menatap layar smartphone sambil menggunakan masker.tema natal pgi kwi tahun 2020

lihat juga : Kumpulan Lagu Pujian Penyembahan Natal Terpopuler 2021

Daftar Kumpulan Tema Natal Nasional 10 Tahun Terakhir

Sebagai pengingat saja tema-tema natal sebelumnya, berikut list info tema natal 10 tahun kebelakang.

  1. Tahun 2019 : Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (band. Yohanes 15:14-15)
  2. Tahun 2018 : Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita (Bdk. 1 Korintus 1:30)
  3. Tahun 2017 : Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu (Kolose 3:15)
  4. Tahun 2016 : Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud (Lukas 2:11)
  5. Tahun 2015 : Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah (Kejadian 9:16)
  6. Tahun 2014 : Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga (Bdk.Imamat 26:12)
  7. Tahun 2013 : Datanglah, ya, Raja Damai! (Bdk. Yesaya 9:5)
  8. Tahun 2012 : Allah Telah Mengasihi Kita (I Yohanes 4:19)
  9. Tahun 2011 : Bangsa Yang Berjalan di Dalam Kegelapan Telah Melihat Terang Yang Besar (Yesaya 9:1a)
  10. Tahun 2010 : Terang Yang Sesungguhnya Sedang Datang ke Dalam Dunia (Yohanes 1:9)

lihat juga : Download/unduh gratis gambar Ucapan Selamat Natal 2021

Subtema Natal 2021

Untuk subtema natal biasanya sedikit banyak berhubungan dengan tema yang dirilis. Tinggal akan digunakan pada natal apa subtema tersebut. Tentunya berbeda seperti natal anak sekolah minggu, natal pemuda remaja, natal kaum bapak, natal pelayanan wanita, sekolah maupun instansi pemerintahan semuanya memiliki subtema natal masing-masing.

Tema dan Subtema natal ini juga nantinya akan menjadi benang merah dalam drama natal yang biasanya dipersembahkan pada acara natal. 

Masih menjadi pertanyaan, bagaimana nantinya pada bulan Desember 2021 dengan kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Apakah masih akan diadakan berbagai perayaan natal dari berbagai macam gereja, atau hanya diadakan kebaktian natal saja tepat pada tanggal 25 Desember. Kita tunggu saja keputusan dari pemerintah mengenai hal ini.

Untuk gereja kami sendiri dapat dipastikan hanya mengadakan ibadah natal di tanggal 25 desember saja. Tidak ada natal-natal lainnya seperti natal sekolah minggu, pemuda remaja, natal wanita dan pria. Semua difokuskan ditanggal 25 saja, itupun dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Akhir kata Selamat Natal Tahun 2021 dan Selamat Menyongsong Tahun Baru 2022. Tuhan Yesus Menyertai kita semua. 

3 thoughts on “Tema Sub Tema Natal Nasional PGI KWI Tahun 2021”

  1. Tema ini memberkati sekali…. selama ini kita bermusuhan selalu. dilingkungan gereja kita berselelisih paham, dikeluarga tidak ada kesehatian, dinegara ini pun kita berantakan dan tidak menjadi sahabat yang baik. saling menyalahkan dan saling “memakan”…. tidak ada sahabat di dunia ini. Namun, tema ini memberkati. Harapan kita “Tuhan Yesus yang adalah sahabat kita, Dia Sang Firman yang menjadi manusia dan diam diantara manusia telah menjadi sahabat manusia, kiranya kita juga umat Kristen menjadi sahabat semua orang” dari ujung dunia kiranya bergema ucapan “Aku sahabatmu”, selamat Natal amang, selamat Natal inang, selamat natal Opung,,, selamat Natal semuanya…(Pdt. Martin.SML)

Comments are closed.