developer game

Sumber Penghasilan Developer Game

Apakah kamu pernah bertanya-tanya developer game mendapat keuntungan dari mana aja sih? Berikut info buat kamu tentang cara developer game mencari uang serta kekurangan dan kelebihannya.

Cara yang pertama dan yang paling umum sejak era awal video game adalah dengan menjual game premium kata lain developer merilis game berbayar. Kelebihannya developer dapat lebih mudah menyaring pemain setia. Pemain loyal akan betul-betul niat dalam mendukung dan memberi feedback untuk perkembangan game tersebut.

Kekurangannya, cara ini kurang cocok untuk pemain kasual yang cenderung enggan mengeluarkan uang demi bermain game. Selain itu developer game juga bisa menjadikan proyek lepas sebagai sumber penghasilan. Contohnya seperti proyek advergame atau game yang mengiklankan produk, membuat aplikasi atau juga mengerjakan desain untuk klien.

Keuntungannya, lama pengerjaan proyek proyek ini relatif lebih singkat namun karya yang dibuat hanya akan terkenal di kalangan agency dan klien. Developer juga akan lebih kesulitan untuk memiliki properti intelektual yang kuat.

Alternatif pemasukan lainnya berasal dari penjualan merchandise game. Cara Ini membutuhkan karakter atau properti intelektual yang kuat. Contoh paling nyata bisa dilihat dari judul judul game ternama seperti Angry Birds, Super Mario, Final Fantasy dan lainnya.

Mempopulerkan karakter buatan sendiri bukan pekerjaan mudah bagi developer, namun jika sudah berhasil cara ini bisa berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar.

Penghasilan Developer Game Gratis

Tetapi di Google Play Store atau Apple App Store banyak studio game yang tidak mengikuti tiga cara tersebut, terutama para developer game yang merilis karyanya dengan gratis.

Lalu bagaimana cara mereka mendapat pemasukan? Google Play Store atau Apple store adalah gudangnya game gratis. Meski gratis bukan berarti game tersebut mudah dibuat. Tapi jika developer game secara gratis, bagaimana cara mereka mendapatkan penghasilan?

Cara pertama adalah lewat ‘In-app purchase’ yaitu fitur yang mengizinkan kamu untuk membeli item dalam game. Item tersebut tersebut bisa berbentuk macam-macam antara lain kosmetik untuk mempercantik karakter atau energi untuk menambah kekuatan pemain.

Merancang in-app purchase yang atraktif bagi para pemain tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan developer antara lain mendesain agar game tetap adil bagi para pemainnya membayar in-app purchases ataupun tidak. Jika developer bisa mendesain game secara adil akan makin banyak pemain yang ingin mencoba game buatan secara gratis hingga akhirnya melakukan in-app purchase.

Alternatif cara selain in-app purchase adalah iklan. Meski beresiko mengganggu alur permainan, iklan berpotensi mendatangkan penghasilan besar dengan catatan jumlah unduhan game tersebut juga harus besar. Cara kerja iklan cukup kompleks masing-masing penyedia iklan menawarkan paket yang berbeda-beda. Besaran harganya bergantung pada impresi yaitu iklan yang muncul di layar di permainan. Harga paket iklan akan lebih mahal seiring meningkatnya interaksi pemain terhadap iklan, mulai dari klik unduhan jumlah pengguna tetap hingga transaksi pembelian pada aplikasi yang diiklankan.

Nah bagaimana, kamu sudah tahu bukan bagaimana seorang game developer memperoleh penghasilannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *