Review Free Blogger Template

Pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai template blog blogger gratis yang dirilis pada tahun 2019. Seperti yang kita ketahui, google sangat menyukai blog yang loadingnya cepat. karena itulah para pembuat template berlomba-lomba untuk menghasilkan template dengan Fast Loading, Mobile Friendly, Responsive serta SEO Friendly.

Berikut saya akan ngereview beberapa template blogger yang sudah saya coba di beberapa blog.

Textrim – (Karya Igniel.com)

Textrim-Blogger-Template
Textrim Blogger Template

Saya baru pertama kali menggunakan template buatan Mbak Igniel ini. Bahkan mengenal situs Igniel.com pun baru saja karena mendownload template Textrim. Template ini mengusung konsep text only yang artinya pada bagian homepage tidak menampilakan thumbnail postingan, hanya teks saja.

Sebenarnya template jenis ini yang saya cari-cari untuk blog lirik lagu saya. Kalau menurut deskripsi template Textrim, template ini cocok untuk blog dengan niche semi formal seperti blog pendidikan.

Banyak fitur dan kelebihan dari template ini, kita pun dapat mengunduhnya secara gratis.

Review  Template Textrim

Sayapun mencoba memakai template ini pada salah satu blog saya. Kesan pertama yang saya dapatkan yaitu loadingnya cepat. Dari segi tampilan okelah, warna defaultnya adalah Biru, namun bagi anda yang ingin mengganti warnanya tidak perlu mengedit via htmlnya , karena anda dapat mengeditnya via blogger theme designer.

Pada template Textrim didalam postingan, anda tidak perlu membuat related post sendiri karena sudah dibuat otomatis sebanyak 4 link. Namun anda dapat mengeditnya apabila tidak suka dengan fitur ini.

Sementara untuk penempatan iklan Adsense, Textrim sudah menyediakan posisi penempatan iklan dibawah judul postingan dan diakhir postingan. Ini terdapat apabila anda membuka menu Edit HTML. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengedit untuk menambahkan scriptnya.

Mungkin itu sedikit review saya tentang template ini. Bagaimana dengan skor kecepatannya pada Gtmetrix dan Google PageSpeed ? gambar berikut akan menjelaskannya bagaimana perbandingan kecepatannya apabila template dengan tampilan default dengan telah terpasang iklan adsense dan script histats.

Textrim-score-GTmetrix-default
Textrim – Score GTmetrix default
Textrim-score-Google-PageSpeed-default
Textrim – score Google PageSpeed default
Textrim-score-GTmetrix-pasang-iklan-adsense
Textrim – score GTmetrix pasang iklan adsense
Textrim-score-Google-PageSpeed-iklan-adsense
Textrim – score Google PageSpeed iklan adsense
Textrim-score-GTmetrix-pasang-iklan-adsense-histats
Textrim – score GTmetrix pasang iklan adsense histats
Textrim-score-Google-PageSpeed-iklan-adsense-histats
Textrim – score Google PageSpeed iklan adsense histats

New Simplify 2 – (karya Arlina idntheme.com)

New-Simplify-2-Responsive-Blogger-Template
New Simplify 2 Responsive Blogger Template

Sebelum menggunakan Textrim, semua blog yang saya ternak menggunakan Templatenya Mbak Arlina. Bagi para blogger pastinya sudah mengenal mbak yang satu ini. Karena template-template yang dibuatnya desainnya keren.

Pada tahun 2019 Mbak Arlina kembali merilis template blog gratis dengan nama New Simplify 2. Template ini sendiri merupakan update dari template Simplify 2 versi basic. New Simplify 2 juga menawarkan versi premium tentunya dengan fitur yang lebih lengkap. Namun bagi saya versi gratisnya pun sudah cukup.

 

Review  Template New Simplify 2

Seperti template-template Arlina yang terdahulu, kesan pertama yang saya dapatkan adalah tampilannya yang keren, template ini mengkombinasikan beberapa warna. Untuk kecepatan nanti bisa dilihat pada Gtmetrix.

Untuk penempatan slot iklan adsense di postingan telah tersedia. Terdapat 2 posisi yaitu dibawah judul dan diakhir postingan. Kolom komentar menggunakan Disqus.

Gambar dibawah ini skor yang didapat dengan Gtmetrix dan Google PageSpeed. Untuk perbadingan skor setelah dipasang script adsense belum dapat saya coba dikarenakan ini blog baru yang belum diterima adsense.

Textrim-score-GTmetrix-default
Textrim – score GTmetrix default
New-Simplify-2-score-Google-PageSpeed-default
New-Simplify 2 – score Google PageSpeed default

Nah, demikian lah review template blogger gratis. Semoga bermanfaat.

One thought on “Review Free Blogger Template

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *