peluang usaha di wisuda

Ide Peluang Usaha Pada Acara Wisuda Untuk Mahasiswa

Momen wisuda tentu adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Akhirnya masa perjuangan selama kurang lebih 4 tahun bahkan yang 7 tahun terbayar sudah. Acara ini pun pastinya akan berjalan meriah dengan adanya keberadaan keluarga dan juga teman-teman.

Banyak yang ingin mengabadikan momen bersejarah ini dan membuatnya sebaik mungkin agar tak terlupakan. Sebenarnya acara wisuda ini bisa dimanfaatkan untuk berbisnis bagi anda baik yang masih pelajar atau mahasiswa. Bahkan bisa jadi bisnis ini akan berkembang dari sini. Kira-kira apa saja ide bisnis kreatif di acara wisuda yang bisa menjadi inspirasi bagi anda.

1 Bunga Buket Dengan Kemasan Unik

Bunga merupakan souvenir standar yang biasanya diberikan pada wisudawan-wisudawati yang tengah berbahagia. Ada yang menjual bunga asli namun ada juga yang terbuat dari aneka bahan hasil kreasi kerajinan tangan. Bunga warna-warni yang cantik dan harum biasanya dijual dalam bentuk buket serta dibekali dengan kartu ucapan selamat. Yang tak kalah spesial, kamu bisa membuat sendiri buket bunga wisuda atau bekerjasama dengan florist atau toko bunga terdekat.

Jika kamu kreatif tak ada salahnya berkreasi membuat bunga tiruan yang cantik untuk dijual. Menjual bunga pada saat hari H acara wisuda bisa membuat anda mengeruk banyak keuntungan. Selain itu ini juga bisa jadi penyelamat untuk mereka yang lupa membeli bunga atau tidak membawa bingkisan untuk teman yang sedang wisuda.

Untuk membuat daganganmu lebih unik bisa berkreasi dengan kemasan unik seperti kotak kaca hingga botol selai. Carilah tempat berjualan di daerah dekat kampus atau yang dilewati orang-orang yang ingin mengikuti wisuda atau anda juga bisa cukup membawa bunga tersebut langsung ke halaman depan gedung wisuda.

2 Jual Balon di Venue Acara

Ini adalah salah satu item yang wajib ada di acara istimewa seperti ulang tahun, bridal shower, baby shower, anniversary hingga wisuda. Menjual balon biasa hingga balon alfabet dijamin bakal laris manis. Pasalnya banyak orang yang merasa kerepotan membawa balon ini saat perjalanan, banyak risiko dari mulai meletus sehingga terbang.

Selain itu anda juga bisa menjual balon khusus dengan nama wisudawan tercetak di kulit balon. Tentu dengan pemesanan sebelumnya atau anda hanya perlu menjual balon dengan satu huruf di mana wisudawan akan membeli dengan sesuai huruf nama mereka. Jadi harus riset dulu ya huruf apa yang digunakan nama paling banyak misalnya jangan sampai mencetak banyak huruf Z.

3 Fotografer Wisuda

Anda punya hobi fotografi bisa memanfaatkannya untuk mencari uang tambahan di momen wisuda. Tidak dengan menjadi fotografer di venue dan menjual hasil jepretanmu, namun kamu bisa menawarkan diri menjadi fotografer pribadi wisudawan dan mengikutinya selama acara.

Carilah beberapa orang dengan kelas atas atau yang mampu membayar kamu lalu tawarkan jasa tersebut. Tentu dengan memperlihatkan beberapa contoh hasil jepretan terbaik dari kamu agar mereka tertarik.

4 Plakat Unik dan Gantungan Kunci

Berjualan plakat unik bisa jadi alternatif lain mendapatkan uang tambahan bagi kamu. Plakat dengan desain lucu dan anti mainstream ini dijamin bakal diminati oleh para wisudawan. Lebih bagus lagi jika kamu menjualnya H-1 bulan hingga H- 2 minggu
sebelum acara wisuda dengan sistem pre order. Plakat sendiri ada banyak jenisnya mulai dari yang berbahan kayu sampai plastik dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Disini dituntut kreativitas kamu dalam mencari atau membuat plakat yang menarik sehingga akan banyak peminatnya. Buat kamu yang baru mulai dan memiliki modal minim bisa mencoba berjualan gantungan kunci juga. Desain lah semenarik mungkin lalu pasarkan saat wisuda dijamin akan laris manis.



5 Scrapebook atau Scrapeframe

Kamu punya hobi membuat scrapebook atau scrapeframe untuk mengabadikan kenangan? Kamu juga bisa berjualan hasil kerajinan tangan yang satu ini saat moment wisuda. Sama seperti plakat sebaiknya kamu membuka sistem pre order dan menjualnya mulai dari H-2 bulan. Pasalnya pengerjaan scrapebook atau scrapeframe ini bakal menyita waktu dan membutuhkan ketekunan.

Jangan lupa untuk menyasar segmen pasar kalangan menengah ke atas ya karena anda memiliki batas jumlah yang bisa dikerjakan untuk ide yang satu ini. Selanjutnya silahkan berkreasi sekreatif mungkin atau bisa juga mencari inspirasi contoh scrapebook di internet seperti di Pinterest atau di Google.

6 Parcel Boneka Wisuda

Boneka adalah salah satu hadiah yang juga ramai diberikan kepada wisudawan selain bunga. Kamu juga bisa berjualan boneka wisuda ini untuk mendapatkan uang tambahan. Tapi supaya produk jualannya berbeda sekaligus unik kamu bisa mengemasnya menjadi buket boneka atau parcel boneka. Dengan memanfaatkan bahan baku flannel, kamu bisa membuat bentuknya menjadi boneka mirip orang wisuda. Untuk setiap bonekanya biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 50.000 tergantung dari bahan dan ukuran.

lihat juga : 10 Ide Usaha dengan sedikit persaingan

7 Karikatur

Usaha karikatur kilat tak butuh modal yang besar tapi seorang karikatur hanya membutuhkan keterampilan menggambar karikatur kertas pensil dan pena. Cocok buat kamu yang jago gambar.

Manfaatkan talenta kamu untuk mendapatkan uang tambahan. Karikatur ini bisa dibuat hanya dalam hitungan menit di mana 1 karikatur di kertas A3 harganya berkisar Rp. 75.000 dan Rp. 100.000 untuk karikatur di kertas 20r. Selain menggambar langsung, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi khusus desain lain seperti CorelDRAW Photoshop atau aplikasi sejenis untuk membuatnya sehingga lebih mudah dan cepat.

Selain itu kelebihan menggunakan aplikasi in,i kita bisa lebih leluasa memberikan variasi seperti warna dan efek menarik pada gambar karikatur tersebut. Selanjutnya tinggal dicetak dan diberikan bingkai agar tampil lebih elegan.

8 Lettering dan Siluet Art

Jika kamu pandai membuat tulisan dengan bentuk yang indah, kamu bisa juga menggunakan skill ini untuk membuka usaha sendiri dengan membuat tulisan indah ucapan selamat wisuda yang menarik. Selain itu kamu juga bisa membuat siluet art untuk membuat produk makin unik, dijamin para mahasiswa bakal memesan barang daganganmu. Bukalah pre order sekitar H- 1 bulan atau H-1 minggu sebelum acara wisuda agar tidak kewalahan dalam membuatnya.

9 Cupcake Wisuda

Untuk kamu yang hobi memasak dan membuat kue hobi yang satu ini boleh dicoba yaitu membuat cupcake wisuda. Dengan berbagai varian warna dan topping 3D yang sesuai dengan karakter wisudawan, tentu bakal membuat usahamu laris manis.
Ke kelulusan ini dapat dijadikan hadiah kejutan bagi teman kamu yang wisuda.Ooleh karenanya, buatlah kue kelulusan dengan sangat menarik indah dipandang mata dan enak untuk dimakan.

Kamu dapat memesan kue kelulusan di toko bakery ternama. Selain itu kamu dapat memberikan hiasan yang sesuai dengan tema wisuda, seperti memberikan hiasan toga, buku, laptop atau alat tulis di kue kelulusan teman kamu.

Itulah tadi 9 peluang usaha kreatif saat acara wisuda yang bisa kamu jalankan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *