Ide bisnis Kecil kecilan untuk mahasiswa modal kecil

Apa peluang bisnis mahasiswa modal besar terbaru yang cocok untuk dijalankan pada 2019? Bagi yang masih mahasiswa, mungkin Anda sering berpikir mencari pekerjaan sampingan. Anda berharap dapat menjalankan bisnis sambil tetap melaksanakan tugas utama sebagai mahasiswa.

Tidak jarang bagi mahasiswa untuk mengubah otak mereka untuk mencari alternatif bisnis dengan modal kecil sesuai dengan kantong. Tetapi sebenarnya dengan sedikit kreativitas untuk melihat peluang dan berani mengambil risiko, Anda dapat menemukan banyak peluang bisnis untuk mahasiswa pemula yang berhak untuk hidup.

Dalam artikel ini, akan membahas beberapa peluang bisnis yang dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan. Dan tentu saja semua bisnis yang disajikan di bawah ini berlabel bisnis modal kecil dan dapat dilakukan di waktu luang Anda.

Setiap mahasiswa memiliki motivasi sendiri dalam memulai bisnis, apakah itu hanya untuk menambah uang saku atau bahkan untuk membangun bisnis jangka panjang. Apa pun motivasi Anda saat ini, beberapa ide peluang bisnis berikut untuk mahasiswa patut dipertimbangkan.

Beberapa ide bisnis Kecil kecilan untuk mahasiswa dengan modal kecil

1. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Menjual pulsa listrik dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Selain modal kecil, bisnis ini  cukup menjanjikan karena permintaan pulsa saat ini sangat tinggi.

Untuk menjalankan bisnis penjualan pulsa, tentu saja Anda harus memiliki target pasar yang tepat. Teman-teman di kampus adalah target pasar yang sudah terlihat, hanya bagaimana Anda memasarkannya kepada mereka.

Keuntungan dari satu penjualan ini memang terlihat kecil. Biasanya dari satu paket penjualan kredit kita bisa memanfaatkan hanya Rp1.000 – Rp2000. Namun, jika konsisten dan memiliki banyak pelanggan setia, keuntungan akan berlipat ganda.

2. Penulis Artikel

Menjalankan bisnis menulis artikel adalah salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang cukup menjanjikan. Jika Anda suka menulis atau memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dalam bentuk tertulis, peluang bisnis ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Bisnis mahasiswa ini mudah dilakukan dan tidak perlu modal besar, bahkan tanpa modal. Namun, Anda harus memiliki peralatan standar untuk menjalankannya, termasuk perangkat laptop dan koneksi internet yang cukup stabil.

Selain itu, bagi seseorang yang suka menulis, tentu bisnis ini adalah tempat yang menyenangkan untuk berkreativitas. Dengan menulis kreativitas dan imajinasi, Anda dapat menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja. Bisnis online untuk mahasiswa cukup banyak, tetapi menurut saya ini yang paling sederhana.

3. Usaha Dropship atau Reseller Online, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Bagi Anda yang tidak tahu, bisnis dropship adalah salah satu model bisnis online di mana anda dapat menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk membeli barang terlebih dahulu tetapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Banyak orang mengatakan bahwa bisnis dropship adalah peluang bisnis tanpa modal, tetapi saya lebih setuju jika dropship disebut bisnis modal kecil. Produk yang bisa dijual dengan dropship ada banyak jenis, mulai dari pakaian, jamu, elektronik, makanan, dan sebagainya.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online di mana kita dapat menjual produk orang lain tetapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga lebih murah. Jadi, selain butuh modal untuk membeli barang, Anda juga harus menyiapkan tempat untuk menyimpannya.

4. Bisnis Jasa Pengetikan dan Printing

Jasa print dan pengetikan telah menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan jika dilakukan dengan serius bagi mahasiswa. Khusus bagi Anda yang tinggal di lingkungan kampus, bisnis yang satu ini sangat menguntungkan walaupun hanya dilakukan secara sampingan.

Tugas dari dosen, makalah, dan tesis semua membutuhkan bantuan dari jasa ini. Bahkan, dibandingkan dengan mencetak tugas mereka sendiri, masih ada lebih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa print dan mengetik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Alasan pertama adalah karena tidak memiliki printer. Alasan kedua adalah karena mereka tidak ingin diganggu atau tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk mengetik dan mencetak tugas mereka. Di sinilah peran jasa mengetik dan print diperlukan.

5. Jasa Desain Grafis

Jika Anda cukup memperhatikan perkembangan dunia digital saat ini, Anda pasti akan melihat bahwa layanan desain grafis sangat banyak dicari di internet. Bisnis jasa desain grafis adalah salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang sangat menguntungkan dan hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki kreativitas tinggi.

Untuk dapat menjalankan bisnis ini, tentu saja Anda harus memiliki keterampilan dalam pemrosesan gambar dan perangkat yang memadai. Anda juga perlu menguasai penggunaan perangkat lunak pengedit gambar seperti Photoshop atau Corel Draw.

baca juga : Pilihan bisnis modal kecil 1jutaan

6. Blogger

Menjadi blogger adalah bisnis yang cukup populer saat ini, dan mungkin untuk jangka waktu beberapa tahun. Namun, untuk bisa menjadi blogger profesional membutuhkan keterampilan yang tidak sembarangan, baik dalam hal penulisan maupun dalam pengoptimalan situs web.

Bagi mahasiswa yang memiliki hobi menulis dan ingin mengembangkan blog, bisnis ini sangat menjanjikan. Tentu saja Anda harus didukung oleh pengetahuan yang memadai tentang dunia blogging.

7. Menjadi YouTuber

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa kita dapat menghasilkan uang dari YouTube. Menjadi seorang YouTuber dapat menjadi salah satu opsi bisnis bagi mahasiswa yang kreatif dalam membuat konten video.

Di Indonesia ada banyak yang menghasilkan uang dari YouTube. Tujuan mereka untuk menjadi YouTuber juga beragam, beberapa ingin menghasilkan uang, beberapa juga hanya ingin bersenang-senang. Dalam hal ini, tentu saja Anda ingin menghasilkan uang.

8. Usaha Kuliner

Bisnis rumahan untuk siswa yang menguntungkan yaitu menjalankan bisnis kuliner. Tidak banyak mahasiswa yang merasakan keuntungan dari bisnis ini karena bisnis makanan tidak ada matinya.

Jika Anda jeli, ada banyak jenis bisnis makanan yang menguntungkan, baik itu camilan atau makanan utama. Tetapi Anda harus memilih satu jenis kuliner yang paling sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

9. Jasa Fotografi

Menjadi seorang fotografer tentunya harus memiliki keterampilan yang memadai agar dapat menghasilkan gambar yang baik. Untungnya, dengan hadirnya kamera DSLR digital, pengguna akan lebih mudah menjelajah dan menghasilkan gambar yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *