ayat alkitab tentang paskah

Daftar Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Paskah

Untuk umat Kristiani Paskah merupakan hari istimewa. Karena Paskah ialah bentuk kasih Allah yang tercurah kepada umatnya. Seperti kita ketahui, melalui korban tebusan inilah yang membuka jalan bagi keselamatan kita. Dengan demikian, mana saja ayat Alkitab yang menyebutkan mengenai Paskah ini?

Didalam kata-kata Alkitab yang terilham memberitahu kita lebih khusus apa yang dimaksud dengan Paskah? Perayaannya bagaimana ? serta mengapa perayaan Paskah penting untuk kita peringati? Sebagai orang Kristen sejati, seharusnya untuk Anda merenungkan itu.

Jadi berikut ini adalah daftar ayat-ayat Alkitab yang Anda dapat jadikan bahan renungan dan pembelajaran tentang Paskah. Anda mungkin sudah mengendar bahkan sering dari beberapa daftar berikut, namun mari kita belajar lebih dalam terkait dengan makna dan artinya secara lengkap.

Kumpulan Ayat-ayat alkitab tentang Paskah

1 Korintus 15:3

Ayat 3 : “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci”

Kenapa paskah sangat penting? Ayat ini menandaskan secara jelas dengan menyatakan alasannya. Kristus mati demi menebus dosa semua umat manusia tidak terkecuali sesuai dengan yang diungkapkan dalam Alkitab.

Yohanes 20:21

Ayat 21 : “Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Selama di Bumi, Yesus Kristus menjalankan tugasnya dengan baik. Dia memberikan kedamaian dan menyelamatkan orang-orang berdosa. Dalam hal ini Yesus Kristus meninggalkan jejak bagi para pengikutnya yang setia. Tidak hanya pada zaman itu, namun juga di masa sekarang dan untuk selama-lamanya.

Yohanes 20:31

Ayat 31 : “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya.”

Semua ceritanya tercatat dalam Alkitab yang berguna akan kita mengenal Dia, satu-satunya raja yang telah bangkit dan berkuasa atas bumi dan segala isinya. Ia adalah Yesus sang mesias dan anak Allah. Melalui kitab sucilah kita bisa mendapatkan iman akan Dia.

Yohanes 20:29

Ayat 29: “Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Murid murid Yesus menjadi semakin percaya ketika melihat Yesus dibangkitkan. Mereka tentu saja bahagia karena memiliki Guru Agung yang luar biasa. Kita pun bisa merasakan kebahagian diantara murid murid jikalau kita percaya.

Saat melihat Yesus dibangkitkan, murid-muridnya menjadi semakin percaya. Tentunya mereka bahagia sebab mempunyai Guru Agung yang amatlah luar biasa. Kita sebagai anaknya pun dapat merasakan hal tersebut yaitu kebahagiaan asalkan kita percaya.

Yohanes 20:17

Ayat 17 : “Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu.”

Dapat dibayangkan betapa bahagia dan bersyukurnya para murid Yesus saat Ia melihat bahwa Kristus telah bangkit. Mereka pun menyaksikan sendiri bahwa Yesus naik ke Sorga kepada Bapa. Kita pun akhirnya dapat percaya yaitu kemuliaannya sebagai raja merupakan hal yang terbaik dibandingkan pemerintahan dunia.


Yohanes 20:9

Ayat 9 : “Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.”

Kehidupan kita telah dinubuatkan dalam Alkitab, penggenapan janji Allah bahwa Kristus akan bangkit dari antara orang mati dapat dijadikan pedoman bagi kita bahwa setiap isi dan nubuat dalam alkitab dapat kita andalkan sebab isinya akurat dan pasti terjadi.

Yesaya 53:5

Ayat 5: “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur bilurnya kita menjadi sembuh”.

Betapa bersyukurnya kita oleh karena Kasih dan Setia Tuhan, kita dapat memperoleh harapan kehidupan di dalam Dia. Ia adalah teladan terbesar dalam menunjukkan kerendahan hati untuk menyembuhkan kita dari penyakit dosa dengan bilur –bilurnya yang ajaib.

Matius 28:7

Ayat 7: “Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”

Segera setelah Yesus Kristus dibangkitkan, Ia merupakan mukjizat yang nyata bagi para murid muridnya. Yesus pasti menguatkan iman muridNya untuk terus beriman kepadaNya. Walaupun kita sebagai manusia tidak melihat Yesus bangkit secara kasat mata namun kita mempunyai iman yang besar melalui kisah dalam Alkitab ini.

Markus 16:14

Ayat 14 : “Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.”

Seperti yang terdapat dalam ayat ini bahwa kita perlu beriman dan tidak ingin memiliki kedengkian hati dan ketidak percayaan seperti orang orang pada jaman itu. Maka, melalui paskah kita bisa memperlihatkan bahwa kita beriman akan kebangkitan Yesus Kristus dan kuasa-Nya.

Lukas 24:5

Ayat 5 : “Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?”

Yesus Kristus telah mati bagi umat manusia dan bangkit diantara orang mati. Kuasa Bapa ditandaskan lebih besar dari apapun didunia ini bahkan kematian. Dan bahwa kita bersyukur memiliki Allah yang hidup yang berkuasa atas orang hidup dan orang mati.

 

Demikianlah beberapa daftar referensi ayat alkitab yang mengupas tentang paskah. Dengan ulasan ini, apa arti paskah bagi Anda? Pastinya iman kita dikuatkan dan berlaku penting untuk kita.

Sebagai informasi tambahan bagi kita semua, pada tahun 2020 Paskah jatuh pada tanggal 12 April sementara Jumat Agung pada tanggal 10 April 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *