Daftar Cryptocurrency Asal Indonesia

Tentunya kita sudah mengetahui berbagai mata uang crypto terkemuka seperti Bitcoin (BTC) yang diprakarsai oleh Satoshi Nakamoto. Ethereum (ETH) oleh Vitalik Butterin, juga Ripple (XRP) yang diciptakan oleh Chris Larsen dan Jed McCaleb. Meskipun Satoshi Nakamoto masih anonim, tetapi crypto paling bagus saat ini dibuat oleh orang-orang yang sudah diidentifikasi, dan mereka semua berasal dari luar negeri. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah ada mata uang kripto yang dipelopori oleh orang Indonesia?

Usut memiliki penyelidikan, saat ini ternyata sudah ada beberapa token crypto dari Indonesia seperti Tokenomy (TEN), Pundi X, ANA Coin, AgriCoin, dan BBX Coin. Mari kita tinjau satu per satu:

 

1. Tokenomy (TEN)

Menurut situs web resmi, Platform Tokenomoy menyediakan pasar khusus untuk token yang dapat diperdagangkan di bursa crypto. Platform yang disebut “Tokenomy Launchpad” juga memungkinkan transformasi mudah dari setiap penawaran yang berharga menjadi token Blockchain, dan memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk mendistribusikan dan menukar token mereka.

Tokenomy adalah kombinasi dari kata Token dan Ekonomi, yang menggambarkan desain token dan seperangkat aturan ekosistem ekonomi yang mudah bagi siapa pun. Tokenisasi itu sendiri adalah proses mengubah aset akuntansi dan manajemen untuk mewakili setiap aset dengan token digital. Tokenisasi meningkatkan likuiditas aset dan menghilangkan masalah perdagangan. Selain itu, tokenisasi dapat menambahkan fitur baru ke aset, sehingga aset ini menjadi lebih berharga.

Gagasan utama di balik Tokenomy adalah merancang berdasarkan teori insentif, dan penggunaan token oleh semua pemangku kepentingan dalam ekosistem, baik itu pelanggan, pemasok, dan promotor atau token sponsor.

Tokenomy memiliki mata uang sendiri yang disebut TEN. Saat ini, SEPULUH bernilai IDR700, memiliki kapitalisasi pasar total $ 9.941.532, dengan pasokan token sebesar 200.000.000 SEPULUH. TEN TEN berbasis ERC20 dibangun di jaringan Blockchain Ethereum.

Tim di balik pengembangan TEN dapat dilihat di halaman ini, di mana salah satu dari mereka yang menjabat sebagai Chief Marketing Officer adalah Oscar Darmawan, salah satu pelopor pertukaran kripto populer Indodax.

 

 

2. Pundi X (NPXS)

Rencananya, Pundi X akan diluncurkan tahun ini, dengan tujuan membawa ekosistem pembayaran XPOS, XWallet, dan XPASS kepada konsumen dan entitas bisnis di seluruh dunia. Platform Blockchain Pundi X akan menggunakan solusi Point-of-Sale, yang memungkinkan kemitraan dengan pemerintah, perusahaan pembayaran dan pengecer.

Pundi X akan menggunakan token bernama NPXS pada jaringan XPOS Blockchain. Pasar negara berkembang memiliki minat tinggi pada XPOS untuk menstabilkan ekosistem pembayaran mereka di tengah hiperinflasi, sementara pasar maju bertujuan untuk mendigitalkan dan memodifikasi infrastruktur pembayaran mereka menggunakan teknologi Blockchain.

Fungsi utama NPXS adalah token universal untuk menjembatani pertukaran dari sistem mata uang digital seperti Alipay, E2Pay, Go-Pay, WeChat Pay, dll., Untuk crypto mata uang seperti BTC, ETH, XEM, QTUM, XLM, dll. NPXS akan juga dapat memfasilitasi pertukaran dari mata uang kripto ke mata uang digital lainnya. Bisnis online juga dapat mengintegrasikan sistem pembayaran mereka dengan token ini dengan mudah, sehingga tidak ada batasan untuk jenis mata uang yang dapat digunakan untuk pembayaran.

 

3. ANA Coin (ANA)

ANA Coin (ANA) adalah mata uang kripto yang dibangun di jaringan Blockchain Ethereum berbasis ERC20. Mata uang crypto pertama kali diluncurkan pada 6 Juni 2018 dengan total pasokan 200.000.000. ANA Coin adalah mata uang kripto lokal yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi di situs rekeningku.com, salah satu penukaran mata uang kripto di Indonesia. Biaya transaksi, penarikan dana, catatan, dan berbagai biaya lain yang dikumpulkan di akun saya.com dapat dibayar dengan token ini dengan diskon menarik.

 

4. AgriCoin (AGCMN)

AGCMN adalah mata uang kripto peer-to-peer yang digunakan khusus dalam bisnis terkait pertanian, dari proses awal, distribusi, hingga penjualan di pasar. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan mendesak antara sekelompok peminjam sebagai mitra lain dalam proyek yang ditunjuk. Proyek percontohan pinjaman pertama dimulai pada kuartal keempat 2018, dan secara bertahap akan tumbuh sepenuhnya pada 2019.

AGCMN dibangun di atas masternode PoS (Proof-of-Stake) dengan algoritma Scrypt. Mata uang kripto ini memiliki total persediaan 50.000.000 token, dan memiliki Dompet khusus untuk menyimpan koin. AGMN sekarang dapat ditukar di bursa seperti Nusa, BiteBTC dan Crex24.

Tujuan utama dari penciptaan koin AGCMN dan platform pinjaman peer-to-peer adalah untuk mempercepat ekosistem pertanian di Indonesia. Ada berbagai kendala untuk pembiayaan pertanian yang saat ini terjadi, sehingga pertumbuhan ekonomi petani terhambat dan terbatas. Platform ini berusaha untuk menyediakan fasilitas pembayaran dan pinjaman yang mudah digunakan, aman, dan memaksimalkan keuntungan bagi semua pihak yang terkait.

baca juga : 5 Cryptocurrency Exchange Terpopuler di Indonesia

5. BBX Coin & BBX Gold

BBX Coin adalah salah satu mata uang crypto yang dibangun dengan Smart Contract pada platform Ethereum, dan mengikuti standar token ERC20 dalam implementasinya. Distribusi koin-koin ini adalah 80% untuk peserta melalui program Loyalty Points dan kampanye stok, sedangkan 20% akan dibagi antara anggota tim pendiri BBC, berdasarkan pada kegiatan dan partisipasi masing-masing anggota sebelum kampanye stok.

Fungsi utama dari koin BBX adalah sebagai token transaksi dengan pasar Q WARO modern untuk mendapatkan diskon 20%. Kemudian, jika pembelian beberapa item makanan di Koperasi BBX dilakukan dengan token, maka pengguna akan mendapatkan diskon khusus 50%. Berbelanja di Bao-Bao Express dengan token BBX juga akan mendapatkan diskon khusus 50%.

Selain BBX Coin, ada juga koin kedua yang dirilis, BBX Gold, yang diklaim didukung oleh emas murni. 800 BBX Emas bernilai 0,9999 emas murni, sehingga harganya menyesuaikan dengan fluktuasi harga emas saat ini. Jadi selain dapat digunakan sebagai instrumen pembayaran, koin ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk investasi emas digital dengan berbagai fungsi dan fitur yang ditambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *