Berbagai Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Pada zaman sekarang ini teknologi sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang sudah memiliki smartphone, tidak pandang usia dari anak kecil sudah menguasainya. Efek yang ditimbulkan dari berkembangnya teknologi ini salah satunya terciptanya berbagai kemudahan. Ingin apa saja rasanya saat ini mudah sekali, tidak seperti dahulu dimana internet masih menjadi barang mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan dengan fasilitas internet inipun tidak lepas dari hasil terciptanya berbagai perusahaan berbasis teknologi di Indonesia. Sebut saja Gojek, Tokopedia dan Bukalapak. Mereka tidak hanya menciptakan kemudahan tetapi juga membuka lowongan pekerjaan baru, bagaimana tidak dengan hadirnya mereka ribuan orang mendapat pekerjaan.

Internet lah yang memiliki peranan penting. Teknologi yang dimulai pada tahun 1960an ini menjadi jembatan. Selain lapangan pekerjaan baru yang tercipta oleh beberapa perusahaan Start up diatas ada banyak pilihan pekerjaan baru yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan Internet.

Saat ini bekerja tidak melulu harus diluar rumah, pergi pagi pulang sore. Hanya berdiam diri dirumah pun kita bisa menghasilkan uang dari internet. Tentunya bekerja dengan memanfaatkan fasilitas internet yang tersedia. Sangat banyak peluang pekerjaan baru dengan memanfaatkan teknologi ini, berikut beberapa diantaranya :

1. Blogger

Blogger menjadi profesi yang cukup menjanjikan, bermodal komputer/laptop dan internet anda sudah bisa mendapatkan uang. Bagaiamana cara kerjanya sehingga aktifitas ngeblog(istilah yang umum digunakan) bisa menghasilkan rupiah? Berikut gambarannya :

Membuat Blog

Untuk membuat blog terdapat 2 platform yang umumnya digunakan Blogger dan WordPress. Membuat blog dengan menggunakan blogger dan wordpress itu gratis. Buatlah nama blog yang unik dan mudah diingat. Terlebih apabila anda mengerti dengan istilah niche, buatlah nama blog yang berhubungan dengan niche blog anda.

Mengisi Blog / Membuat Konten / Artikel

Konten merupakan senjata andalan dalam sebuah blog. Artikel lah yang membuat orang mengunjungi blog anda. Semakin banyak artikel yang bermanfaat maka semakin lama juga orang akan betah membaca artikel yang anda sajikan dalam blog.

Usahakan memilih niche blog yang sesuai dengan hobby anda, misalnya anda hobby bercocok tanam maka buatlah artikel yang berhubungan dengan dunia tanaman. Hal ini agar anda tidak kehabisan ide untuk menulis artikel nantinya. Bagaimana jika anda tidak mahir dalam hal menulis artikel? tidak perlu khawatir, saat ini banyak jasa menulis artikel untuk blog dengan berbagai pilihan niche(kategori). Untuk urusan harga tidak terlalu mahal.

Monetize / Menghasilkan Uang

Monetize (monetisasi) merupakan langkah terakhir bagi blogger untuk menghasilkan uang dari blognya. Google Adsense menjadi salah satu pilihan yang terbaik sejauh ini untuk memonetisasi blog. Tentunya ada syarat yang harus terpenuhi agar blog memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Adsense, seperti konten blog yang original dan jumlah pengunjung blog.

Ada banyak blogger sukses yang saya ketahui yang bisa menghasilkan jutaan rupiah hanya dari blog saja, seperti Mastimon, Mas Sugeng dan Mbak Arlina.

2. Youtuber

Salah satu profesi yang populer belakangan ini yaitu menjadi Youtuber. Youtube menjadi platform yang banyak diminati oleh konten kreator. Hanya perlu membuat channel youtube dimana nantinya video kita akan diupload. Lagi-lagi konten yang disarankan untuk membuat video youtube adalah yang berawal dari hobby anda.

Untuk menjadi youtuber salah satu senjata andalan untuk membuat konten video adalah Komputer/Laptop. Disini spesifikasi yang diperlukan terbilang harus tinggi, ini dikarenakan konten yang diolah berupa video dimana seperti yang kita diketahui aplikasi video editor terbilang memerlukan hardware yang tinggi untuk menjalankannya.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari video youtube?

Google Adsense menjadi sumber pendapatan youtuber. Agar channel youtube bisa diterima menjadi partner Google Adsense, ada persyaratan yang harus dipenuhi antara lain jumlah jam tayang harus minimal 4000 dan jumlah subscriber 1000. Untuk memenuhi persyaratan tersebut caranya harus konsisten upload video yang menarik dan bermanfaat bagi penonton. Semakin unik dan bermanfaat maka bukan tidak mungkin video anda dengan cepat mendapat 4000 jam tayang.

3. Penulis Artikel

Anda yang mempunyai keahlian dalam merangkai kata, menjadi penulis artikel dapat menjadi pilihan anda untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Selain menjalankan hobby anda juga bisa mendapat penghasilan dari hobby tersebut.

Banyak website besar yang membuka lowongan untuk menjadi penulis pada website mereka. Namun bagi pemula agak berat untuk dapat bersaing mendapatkan tempat pada website besar tersebut. Bagi pemula dalam menulis artikel disarankan untuk menjual artikelnya pada blogger saja terlebih dahulu. Jual lah dalam harga yang murah, cara ini untuk salah satu strategi awal untuk menarik pembeli. Semakin banyak anda mendapat orderan barulah anda bisa menaikkan harga dari artikel. Salah satu website untuk menjual artikel anda yaitu Ads.id.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa cara menghasilkan uang dari internet, mungkin pada kesempatan berikutnya akan saya ulas lagi. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *